Hubungan Grading Histopatologi dan Infiltrasi Limfovaskular dengan Subtipe Molekuler pada Kanker Payudara Invasif di Bagian Bedah RSUP. Dr. M. Djamil Padang

Vashti Resti Putri Firdaus, Aswiyanti Asri, Daan Khambri, Wirsma Arif Harahap

Abstract


Abstrak

Gejala kanker payudara sering tidak disadari atau dirasakan dengan jelas oleh penderita, sehingga banyak penderita yang datang dalam keadaan stadium lanjut. Banyak faktor yang mempengaruhi prognosis dari kanker payudara, antara lain grading histopatologi, reseptor estrogen dan progesteron, HER2, serta infiltrasi limfovaskular. Tujuan penelitian ini adalah menentukan hubungan antara grading histopatologi dan infiltrasi limfovaskular terhadap subtipe molekuler pada kanker payudara invasif. Distribusi frekuensi dari grading histopatologi, infiltrasi limfovaskular, dan subtipe molekuler pada kanker payudara invasif di bagian bedah RSUP.Dr. M. Djamil Padang selama periode 1 Januari 2010 – 31 Desember 2013. Metode penelitian ini adalah observational analitik, dengan pendekatan cross sectional. Dalam penelitian ini didapatkan 424 kasus kanker payudara invasif, dengan 66 kasus yang dapat dianalisis. Analisis data yang digunakan univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square dengan derajat kemaknaan p<0,05. Ada hubungan yang bermakna antara grading histopatologi dengan subtipe molekuler (p=0,032). Hubungan infiltrasi limfovaskular dengan subtipe molekuler pada kanker payudara invasif didapatkan bermakna (p=0,000).

Kata kunci: grading histopatologi, infiltrasi limfovaskular, subtipe molekuler, kanker payudara invasif

 

Abstract

Breast cancer symptoms are often not recognized or clearly perceived by the patient, so it makes most of patients come to doctor in late stage. There are many prognosis factors in breast cancer, such as hystopathology grading, estrogen and progesteron receptors, HER2, and lymphovascular infiltration.The objective of this study was to determine the association between hystopathology grading and lymphovascular infiltration with molecular subtype in invasive breast cancer. Determine the distribution and frequency of hystopatology grading, lymphovascular infiltration, and molecular subtype in invasive breast cancer at surgery department Dr. M. Djamil Hospital Padang period January 1, 2010 – December 31, 2013. The method of this research is analitic observational with cross sectional study. In this research obtained 424 cases of invasive breast cancer, with only 66 cases that could be analyzed. The analysis system that used is univariat and bivariat with chi-square (p<0,05). There is significant correlation between hystopathology grading with molecular subtype (p=0,032). There is significant correlation between lymphovascular infiltration with molecular subtype (p=0,000).

Keywords: histopathology grading, lymphovascular infiltration, molecularsubtypes, invasive breast cancer


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25077/jka.v5i1.463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Vashti Resti Putri Firdaus, Aswiyanti Asri, Daan Khambri, Wirsma Arif Harahap

slot gacor