Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Waktu Tanggap pada Pelayanan Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil Padang Tahun 2013

Nailatul Fadhilah, Wirsma Arif Harahap, Yuniar Lestari

Abstract


Abstrak
Penanganan kasus kecelakaan lalu lintas membutuhkan pelayanan yang cepat, tanggap, dan tepat. Salah satu indikator pelayanan tersebut adalah waktu tanggap pada pelayanan pasien di IGD. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan waktu tanggap pada pelayanan kasus kecelakaan lalu lintas di IGD RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei hingga Desember 2013 di IGD RSUP Dr. M. Djamil dengan desain penelitian studi cross-sectional. Pengambilan data menggunakan lembaran observasi dan diberikan kepada 60 orang pasien kecelakaan lalu lintas yang dipilih secara acak. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji silang dengan tingkat kemaknaan p = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan 70% memiliki waktu tanggap yang tepat, dimana rata-rata waktu tanggap adalah 6 menit 15 detik. Sebagian besar pasien kecelakaan lalu lintas berada dalam keadaan gawat tidak darurat atau triase kuning (80%). Pada sebagian besar kasus petugas berada di meja triase saat pasien datang (86,67%). Sebagian besar pasien dibawa ke triase dari pintu masuk IGD dengan brankar (86,67%). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kegawatan pasien, keberadaan petugas yang bersiaga di triase, dan ketersediaan brankar dengan ketepatan waktu tanggap.
Kata kunci: waktu tanggap, faktor-faktor yang berhubungan, kecelakaan lalu lintas, IGD

Abstract
Traffic accident cases management requires prompt, responsive, and precise service. Time response is one of several indicators of ER patient service. The aim of this study is to observe the factors that related to time response of traffic accident case management in Emergency Department of Dr. M. Djamil Hospital, Padang. This cross-sectional study was conducted between May and December 2013 by using observational sheet which is distributed to 60 randomly chosen from traffic accident patients in Dr. M. Djamil General Hospital. Crosstab analysis was used to determine the difference among variables. Chi-square test was used to determine the significance of categorical variables. Data were analyzed using univariate and bivariate cross test with a significance level of p = 0.05. Result showed that out of 60 cases, 70% cases had accurate response time. The average response time is 6 minutes 15 seconds. Most of traffic accident patients are in a yellow triage (80%). In most cases, 86,67% officers are at the triage desk. Most of the patients brought to the triage from the emergency department entrance by stretchers (86.67%). There was no significant relationship between the level of patient severity, payment method, the availability of stretchers when patients come and response time (p> 0,05). Analysis of the relationship between the presence of officers and response time cannot be performed. The presence of officers in triage when patient arrived tended to speed up the response time.
Keywords: response time, related factors, traffic accident, emergency room


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25077/jka.v4i1.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Nailatul Fadhilah, Wirsma Arif Harahap, Yuniar Lestari

slot gacor