Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar pada Siswa –Siswi SMA Negeri 1 Padang Tahun Ajaran 2013/2014
Abstract
Abstrak
Keberhasilan pembangunan nasional ditentukan oleh ketersediaan sumber daya manusia yang sehat dan cerdas. Remaja sebagai asset bangsa membutuhkan gizi yang cukup untuk menunjang prestasi dan produktifitas mereka dalam beraktifitas. Status gizi merupakan salah satu faktor yang berkaitan erat dengan tingkat prestasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan status gizi dan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Padang. Penelitian ini menggunakan desain studi potong lintang (cross sectional study) dengan populasi seluruh siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Kota Padang. Jumlah subjek sebanyak 87 orang. Data primer berupa berat badan dan tinggi badan serta data sekunder berupa nilai rapor semester 1 (satu). Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson. Berdasarkan pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT), diketahui sebagian besar subjek mempunyai status gizi normal sebanyak 44 orang (50,6%). Lebih dari separoh subjek memiliki prestasi baik yaitu sebanyak 48 orang (55,2%). Pada penelitian ini tidak terdapat hubungan yang bermakna antara status gizi dengan prestasi belajar. Namun, prosedur yang digunakan pada penelitian ini tidak dapat mengekslusi faktor-faktor lain selain status gizi yang mempengaruhi prestasi siswa.
Kata Kunci: status gizi, prestasi belajar, remaja
Abstract
The successfulness of national development is determined by the availability of human resources. Teenagers as a national asset need adequate nutrient to support their achievement and productivity. Nutritional status is one factors that is closely related to student academic achievement. The purpose of this research is to examine the relationship betweennutritional status and academic achievement of students of Senior High School Number1 Padang (SMAN1 Padang).This research is cross-sectional study. The population is students year X and XI SMA Negeri1 Padang. Number of sample is 87 students. Primary data was weight and height of students while secondary data wasstudent score of first semester which is analyzed by Pearson correlation test. Student’s Body Mass Index (BMI) shows that most students had normal nutritional status (50,6%). More than half the sample had good academic achievement (55,2%). The findings suggest that there was no significant correlation between nutritional status and student academic achievement. However, the methods applied in this research failed to exclude other confounding factors influencing academic achievement.
Keywords: nutritional status, academic achievement, adolescents
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.25077/jka.v3i3.180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Steffi Olivia Padriyani, Delmi Sulastri, Nur Afrainin Syah