Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta JKN di Poliklinik Semen Padang Hospital

Ida Rahmah Burhan

Abstract


Rumah sakit sebagai organisasi penyedia pelayanan kesehatan dihadapkan pada lingkungan yang semakin kompetitif dengan ekskalasi biaya dan kebutuhan pasien yang terus meningkat. Rumah sakit pemerintah dan swasta harus selalu memperhatikan serta meningkatkan pelayanan terhadap pasien sehingga tercapai kepuasan pasien dan loyalitas yang tinggi sebagai upaya untuk menjadikan rumah sakit unggul dalam persaingan jangka panjang. Semen Padang Hospital (SPH) merupakan salah satu rumah sakit swasta di kota Padang yang berstandar Internasional dan memiliki keunggulan sumber daya manusia (SDM) spesialistik yang lengkap serta sarana prasarana penunjang medis yang canggih, yang telah melayani pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sejak tahun 2015. Tujuani penelitian ini adalah menguji pengaruh kualitas layanan peserta JKN di Poliklinik SPH. Penelitian ini merupakan explanatory research yang bersifat cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan November 2015 sampai Juli 2016 di Poliklinik SPH. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga didapatkan 160 sampel. Hasil penelitian adalah responsiveness merupakan dimensi yang paling berpengaruh (Thitung = 18,75>Ttabel = 2,57), dan emphaty merupakan dimensi yang terendah (Thitung = 9,36>Ttabel = 2,57) pada variabel kualitas jasa untuk peserta JKN pada poliklinik SPH. Simpulan penelitian ini ialah kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifkan terhadap kepuasan pasien peserta JKN.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25077/jka.v7i3.892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ida Rahmah Burhan

slot gacor

diamond murah

voucher game

slot 4d