Perbedaan Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa antara Kebisingan Lingkungan Sekolah SDN 03 Alai dan SD Pertiwi 3 Padang

Andy Yusuf, Nirza Wanto, Dian Pertiwi

Abstract

Kebisingan adalah bentuk suara yang tidak dikehendaki atau bentuk suara yang tidak sesuai dengan tempat dan waktunya. Kebisingan yang sudah melewati ambang batas tingkat kebisingan terbukti dapat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah menentukan perbedaan tingkat konsentrasi belajar siswa antara kebisingan lingkungan sekolah SDN 03 Alai dan SD Pertiwi 3 Padang. Penelitian cross-sectional comparative ini dilakukan di SDN 03 Alai dan SD Pertiwi 3 pada bulan Agustus 2015 – selesai dari pukul 10.20-10.50 WIB. Jumlah sampel sebanyak 80 orang yang dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing diwakili 40 orang. Pengukuran kebisingan dilakukan selama 30 menit pada setiap lokasi penelitian dengan pengambilan data setiap 5 menit. Penentuan tingkat konsentrasi siswa dilakukan dengan penggunakan digit span test. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan chi square. Hasil penelitian menunjukkan kebisingan lingkungan SDN 03 Alai dan SD Pertiwi 3 terdapat perbedaan yang bermakna dengan signifikan (p = 0,033). Pada tingkat konsentrasi belajar terdapat perbedaan tingkat konsentrasi yang bermakna dari digit span test dengan signifikan (p = 0,025). Penelitian ini membuktikan terdapat perbedaan tingkat konsentrasi belajar siswa pada SDN 03 Alai dan SD Pertiwi 3 pada daerah bising yang berbeda (p < 0,05).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.